Mau Lihat Masjid Memancarkan Syahadat? Ke Padalarang Aja - Cidadap Corner
Headlines News :
Home » » Mau Lihat Masjid Memancarkan Syahadat? Ke Padalarang Aja

Mau Lihat Masjid Memancarkan Syahadat? Ke Padalarang Aja


BANGUNAN itu mencuri perhatian sejak diresmikan pada 2010. National Frame Building Association bahkan mencatat keunikan mesjid itu dalam lima besar 'Bangunan Terbaik Tahun 2010 atau Building of The Year 2010. Ya, itulah Masjid Al Irsyad di Padalarang, Jawa Barat.

Masjid Al Irsyad cukup populer. Bentuknya tak sama dengan masjid-masjid lain di Indonesia. Tak ada menara maupun kubah. Bentuknya yang kubus menyerupai Ka'bah, tempat suci umat Islam di Arab Saudi.

Desainnya sederhana. Tak banyak ornamen tapi itulah keindahan masjid tersebut. Namun, ada sebuah keunikan lain. Dinding masjid disusun sedemikian rupa membentuk celah atau ventilasi. Bila celah itu disinari, maka akan memancarkan dua kalimat syahadat. Sangat mengagumkan.

Tak sampai di situ. Masjid kebanggaan warga setempat itu pun memiliki 99 lampu bulat berukir asmaul husna atau 99 nama terbaik Allah SWT. Cahaya lampu akan membentuk siluet nama-namasuci Allah SWT. Itu menggambarkan betapa indahnya kemegahan nama-nama Allah.

Masjid Al Irsyad pun seolah mengajak pengunjung mendekatkan diri pada alam. Lantai tepi mimbar dijadikan sebagai kolam. Suara gemericik air kolam memberi rasa teduh yang menenangkan saat-saat beribadah. Dinding di bagian belakang dibiarkan terbuka sehingga jemaah dapat menikmati pemandangan Padalarang usai salat.

Adalah Ridwan Kamil yang merancang bangunan di atas lahan seluas 1.100 meter persegi itu. Ia membangun rumah ibadah untuk 1.500 umat Islam sekaligus menjadi tempat wisata rohani. Dengan keunikan itu, tak mengherankan bila National Frame Building Association, acara akbar yang melibatkan sejumlah arsitek seluruh dunia, menempatkan Masjid Al Irsyad dalam kategori religious architecture.

Situs publikasi arsitektur terpopuler ArchDaily pun menempatkan Masjid Al Irsyad sebagai bangunan populer di antara tempat ibadah lainnya. Kepopuleran itu pun menarik minat pengunjung yang ingin berwisata religi ke Padalarang.(kpl/RRN)

Sumber: http://metrotvnews.com/read/news/2011/08/29/63026/Mau-Lihat-Masjid-Memancarkan-Syahadat?-Ke-Padalarang-Aja
Share this article :

Iklan

Corner

Featured Posts

Corner

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cidadap Corner - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger